Dukung Indonesia Bebas TBC 2035, LKNU Indramayu Bentuk Kader TBC

Dukung Indonesia Bebas TBC 2035, LKNU Indramayu Bentuk Kader TBC

INDRAMAYU – Lembaga Kesehatan Nahdlatul Ulama (LKNU) Kabupaten Indramayu menggelar pelatihan kader tuberculosis sebagai upaya mendukung eliminasi penyakit TBC di Indonesia yang ditargetkan tercapai pada 2035. Pelatihan kader TB yang digawangi LKNU Indramayu digelar secara maraton hingga akhir Maret. “Hari ini sampai besok di Aula Puskesmas Jatibarang, tanggal 26-27 di Puskesmas Lohbener,” kata Alif Alfian, Kordinator Pelaksana LKNU Indramayu dalam rilisnya.

Peserta kegiatan mendapatkan materi pelatihan untuk mengidentifikasi kasus TBC melalui investigasi kontak. Kemudian, pendampingan pasien TBC untuk menuntaskan pengobatan, dan advokasi untuk dukungan penanggulangan TBC dari berbagai pihak para pemangku kepentingan. “Tujuan akhirnya yakni eliminasi TBC di Indinesia tahun 2035,” tandasnya. Disampaikan Alif Alfian, dalam teknis penyelenggaraan kegiatan tersebut LKNU Indramayu menggandeng Dinas Kesehatan, sehingga peran bersama yang dilakukan itu mendorong berbagai pihak untuk turut serta mencegah penyebaran penyakit khususnya di Kabupaten Indramayu.

Sementara itu Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Indramayu merespon positif kegiatan yang dilakukan LKNU Kabupaten Indramayu, dibuktikan dengan keluarnya surat dengan nomor 443.24/ 8.74/P2P ditujukan kepada Puskesmas Bongas,  Cidempet, Plumbon, Kertawinangun, dan Sukra. Untuk ikut serta mendukung rangkaian kegiatan TB Day. (Fis)

Post Terbaru