LKNU Garut Silaturahim dan Temu Alumni Pelatihan

LKNU Garut Silaturahim dan Temu Alumni Pelatihan

LKNU Garut

Garut, NU Online

Pengurus Cabang Lembaga Kesehatan Nahdlatul Ulama Kabupaten (PC LKNU) Kabupaten Garut, Jawa Barat menggelar kegiatan silaturahim dan temu alumni pelatihan LKNU Garut. Acara bertempat di Aula PCNU Kabupaten Garut Gedong Hejo Lantai 3, Ahad (4/8). Acara tersebut dihadiri oleh puluhan siswa SMA dan sederajat yang ada di Kabupaten Garut yang telah mengikuti pelatihan LKNU. Turut hadir dalam kegiatan tersebut Sekretaris PCNU Garut, Deni Ranggajaya.

Kang Deni sapaan akrabnya, menyampaikan dalam sambutan sejumlah harapan kepada alumni tersebut. Di antaranya keterlibatan aktif para alumni pelatihan LKNU dalam setiap kegiatan-kegiatan sosial pengobatan gratis yang telah menjadi agenda rutin LKNU Kabupaten Garut. "Alumni Pelatihan LKNU baik angkatan pertama ataupun angkatan kedua harus menjadi agent of change dan terlibat langsung dengan masyarakat untuk memberikan edukasi kesehatan. Terutama pertolongan pertama terhadap keadaan-keadaan darurat kesehatan," ujarnya.

Di samping itu meskipun sifatnya kegiatan sosial para alumni pelatihan sebagai warga NU harus percaya adanya barakah. "Ketika berbuat baik asal niatnya tulus dari hati, yakin Allah akan membalas sekecil apa pun kebaikan kita," ungkang Kang Deni. Ia juga berharap ke depannya, pelatihan LKNU terus berlanjut tidak berhenti sampai di angkatan kedua, tetapi ada ketiga, keempat dan seterusnya. "Namun perlu dicatat peserta pelatihan ini harus lebih diorientasikan kepada kader-kader muda yang masih duduk di kelas X SMA agar kesinambungannya jelas," tutup Kang Deni.

Sementara itu Ketua LKNU Garut H Arvi Iskadar, ditemui di sela-sela kegiatan menyapaikan bahwa kegiatan ini merupakan kegiatan tindak lanjut dari dua kegiatan yang telah dilakukan LKNU sebelumnya. Edukasi kesehatan ini sangat penting artinya, karena kita tidak pernah tahu kejadian tidak terduga itu selalu tidak mengenal tempat dan waktu. LKNU Garut telah melakukan dua pelatihan yang pertama adalah pelatihan Pertolongan Pertama pada Kecelakaan (P3K), dan yang kedua adalah Pelatihan Pengurusan Jenazah. Mereka yang hadir adalah alumni dari kegiatan tersebut sebagai tindak lanjut dan konsolidasi kader-kader NU dibidang kesehatan.

"Ini juga merupakan langkah awal dari kami untuk menyiapkan kader-kader LKNU yang ada di tingkatan. Semoga saja ke depannya dapat terbentuk kepengurusan MWC LK NU Garut yang ada diseluruh Kabupaten Garut," pungkas Dokter Arvi. Kegiatan diisi dengan berbagi pengalaman mengenai kesehatan masyarakat Kabupaten Garut dan agenda kegiatan-kegiatan PC LKNU Kabupaten Garut baik yang sudah dilaksanakan ataupun yang sudah teragendakan, serta pendataan ulang seluruh alumni pelatihan. Kegiatan tersebut ditutup dengan tausiah dan doa khidmat yang disampaikan oleh KH Ubun Bunyamin. (Muhamad Dadan Nurdani/Kendi Setiawan)

Post Terbaru